Fakta Unik Danau Toba, Danau Terbesar di Asia Tenggara

Fakta Unik Danau Toba

Danau toba tentu bukan nama yang asing, namun fakta unik danau toba sepertinya masih menjadi hal yang belum familiar di telinga banyak orang. Danau toba adalah sebuah danau legendaris yang terdapat di pulau Sumatera hingga menjadi ikon dari pulau tersebut. Di balik pembentukan danau toba tersebut juga ada legenda tentang ikan mas yang menikah dengan manusia. Mau percaya atau tidak, faktanya adalah danau toba tercipta karena sebuah ledakan dari gunung toba sekitar kurang lebih 70.000 tahun lalu.

Bukan merupakan fakta unik jika danau toba ini memiliki sebuah pulau di tengah-tengahnya yang dinamakan sebagai Pulau Samosir. Gunung toba yang menjadi cikal bakal danau toba sebenarnya sudah meledak pada 800.000 tahun silam. Hanya saja, ketika itu ledakan yang dihasilkan oleh gunung toba tidak memberikan dampak besar hingga membentuk danau. Ledakan kedua terjadi sebelum adanya agen togel online di Indonesia yaitu 500 tahun lalu dan memiliki dampak yang berbeda dengan ledakan yang dihasilkan pada ledakan pertama sebelumnya.

Fakta Unik Danau Toba yang Perlu Diketahui

Di balik sejarah pembentukannya, danau toba dilingkupi oleh dua sejarah, yakni faktor sejarah yang merujuk pada kondisi alam dan mitos. Untuk mau mempercayai yang mana, itu hak kamu sebagai pembaca. Namun, yang pasti ada beberapa fakta unik danau toba di bawah ini yang harus kamu ketahui. Berbagai fakta unik tersebut, di antaranya adalah:

Gunung Toba Masih Aktif

Gunung yang sempat meledak beberapa kali di waktu yang silam ini ternyata masih memiliki potensi untuk meledak kembali kapan pun. Pasalnya, gunung toba yang melingkupi danau toba dan pulau samosir ini ternyata masih termasuk kategori gunung yang aktif. Tidak ada yang mampu memprediksikan kapan gunung ini bisa saja erupsi. Yang pasti adalah jika gunung ini kembali meledak, suhu di sekitar samudera diprediksi bisa mencapai hingga 5 derajat celcius.

Bukan Danau yang Dangkal

Danau toba termasuk ke dalam danau dengan ketinggian yang tidak main-main, yaitu 100 km untuk panjangnya, 30 km untuk lebarnya, dan 505 meter untuk tingginya. Jelas bukan merupakan danau dengan ketinggian yang dangkal karena tinggi danau toba adalah sekitar 3 kalinya tinggi monas. Di balik kedalamannya yang tidak main-main ini ternyata keadaan di dalam danau terbilang sangat gelap. Hal ini didukung oleh fakta bahwa di kedalaman 40 meter saja jangkauan lihatnya hanya sekitar 1,5 meter.

Fakta Adanya Pulau di Tengah Danau

Seperti yang telah diutarakan di awal bahwa di tengah-tengah danau toba, kamu akan menyaksikan ada sebuah pulau bernama pulau samosir. Kabarnya pulau yang berada di tengah-tengah danau tersebut baru dimekarkan pada tahun 2003 yang merupakan bekas dari Kabupaten Toba-Samosir. Ada yang menarik ketika kamu mengunjungi pulau samosir, yaitu dua danau di sekitarnya. Kedua danau unik karena ada di atas danau tersebut adalah danau sidihoni dan danau aek natonang.

Habitat Ikan Ihan, Ikan Khas Batak

Ikan Ihan
Ikan Ihan ( Ikan Batak )

Sebagai danau yang menjadi ciri khas dari suku Batak, danau toba juga menjadi rumah bagi berbagai jenis ikan khas Batak. Orang Batak biasanya menyebut ikan yang unik dan hanya terdapat di danau toba ini sebagai ikan ihan. Ikan Ihan berbeda sekali dengan ikan mudskipper yang dapat hidup ditempat berlumpur. Konon, ikan yang memiliki nama latin Neolissochilus tersebut dulunya merupakan kudapan yang hanya dimakan oleh para raja loh. Jadi, betapa beruntungnya kamu kalau datang ke danau toba dan bisa mencicipi ikan yang unik satu ini. Sebagai orang Indonesia, kita perlu bangga karena sungguh menarik, bukan tentang beragam fakta unik danau toba di atas?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *