Fakta Unik Spesies Langka Komodo, Kadal Raksasa di Indonesia

Spesies Langka

RF Directory – Indonesia merupakan Negara yang patut berbangga diri, pasalnya ada seekor spesies langka yang terdapat di Indonesia. Spesies langka satu-satunya di dunia tersebut adalah komodo yang terdapat di Nusa Tenggara Timur. Saking langkanya, hingga sebuah pulau yang merupakan habitat asli komodo dinamai sebagai Pulau Komodo. Jika kamu penasaran dengan penampakan kadal terbesar ini, kamu bisa mengunjungi Taman Nasional Komodo di Pulau Rinca, Nusa Tenggara Timur.

Komodo merupakan spesies langka atau hewan purba yang masih bertahan hidup hingga detik ini di NTT. Karena keunikan spesies tersebut, sudah banyak turis asing yang mengunjungi Pulau Komodo untuk menyaksikan hewan ini. Tidak heran, sebab hewan yang memiliki nama latin Varanus komodoensis ini masuk ke dalam salah satu keajaiban dunia. Jadi, di samping Borobudur, ada komodo juga nih yang masuk ke dalam fenomena keajaiban dunia dari Indonesia.

Fakta Unik Spesies Langka Komodo dari Indonesia

Bicara tentang spesies langka komodo yang terdapat di NTT, kurang afdol jika tidak membahas keunikan hewan tersebut. Siapa sih yang tidak penasaran dengan fakta-fakta unik kadal terbesar sedunia ini? Nah, oleh karena itu, di bawah ini akan dibahas mengenai fakta unik komodo. Ingin tahu apa saja keunikan yang terdapat pada hewan yang dianggap sebagai kadal terbesar ini? Yuk, simak satu per satu:

Komodo Berumur Panjang

Spesies Langka
Komodo Berumur Panjang

Fakta pertama tentang komodo adalah komodo memiliki harapan hidup yang tinggi karena dianugerahi dengan kemungkinan berumur panjang. Sebagai seekor hewan, komodo disinyalir dapat hidup selama 40-50 tahun lamanya. Jika kamu bertandang ke Pulau Komodo, kamu dapat menentukan usia komodo tersebut melalui bintik kuning di dekat matanya. Misalkan kamu mendapati bintik kuning tersebut sangat banyak, maka komodo tersebut pasti berusia lebih muda, demikian juga sebaliknya.

Komodo Mampu Berlari Cepat

Komodo Berlari Cepat
Komodo Berlari

Fakta kedua tentang komodo adalah dapat berlari dengan cepat, selayaknya kecepatan berlari manusia. Dikatakan mampu berlari cepat karena komodo memiliki kecepatan berlari hingga 18-20 KM per jam. Keunggulan yang dimiliki spesies langka satu ini merupakan keunggulan mereka dalam hal mencari mangsa. Jadi, penting juga untuk kamu bersikap waspada jika satu waktu kamu akan mengunjungi habitat kadal terbesar ini.

Komodo Suka Berjemur

Komodo Berjemur
Komodo Berjemur

Fakta ketiga adalah komodo merupakan hewan berdarah dingin yang membutuhkan sinar matahari untuk mencerna makanan. Oleh karena alasan itu, komodo pada waktu-waktu tertentu memiliki kebiasaan untuk berjemur di bawah sinar matahari. Saran untuk kamu yang ingin melihat komodo sedang berjemur, datang saja saat siang hari. Pada waktu tersebut, besar kemungkinannya kamu bisa melihat komodo sedang berada tempat-tempat yang tersinari cahaya matahari.

Komodo Bisa Berenang

Komodo Berenang
Komodo Berenang

Fakta selanjutnya adalah hewan yang disinyalir sebagai kadal terbesar ini ternyata juga mampu berenang di dalam air. Namun, karena memang pada dasarnya bukan hewan air, maka kemampuan berenang komodo terbatas. Komodo hanya dapat berenang dengan jarak maksimal 200-300 meter saja. Nah, ini keuntungan NTT yang akan terus menjadi habitat asli komodo karena komodo tidak mungkin bisa berpindah tempat.

Musim Kawin Komodo

Komodo Kawin
Komodo Kawin

Fakta kelima tentang komodo adalah terkait musim kawinnya. Jadi, sebagai salah satu hewan purba di dunia, komodo dapat mencapai musim kawin saat usia 6 sampai 7 tahun untuk betina. Sementara untuk komodo jantan, harus mencapai usia 9 sampai 10 tahun baru bisa digolongkan sebagai komodo yang siap kawin. Jika kamu datang di saat yang tepat, kamu dapat menyaksikan spesies langka ini sedang berebut komodo betina.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *